Pages

Java Contoh program Pengolahan citra

Rabu, 24 November 2010

 imageimage  
Pengantar
Bagi yang rekan-rekan yang baru saja memulai mempelajari pengolahan citra, tentunya setelah mengetahui berbagai macam konsep, ingin sesegera mungkin mengaplikasikannya. Kadang implementasi menjadi sesuatu yang sangat tricky, karena banyak detil yang harus diperhatikan. Kali ini saya membuatkan suatu starter kit yang dapat digunakan langsung oleh orang-orang yang memakai bahasa java. Saya memakai NetBeans 4.1 sebagai IDE dan java 1.5 sebagai compiler.
Fitur
Pada dasarnya TampilCitra ini dapat dipandang sebagai sebuah landasan. Fitur dasar seperti membaca citra sudah diberikan. Lalu juga program ini didisain sedemikan sehingga menjadi mudah jika ingin menambahkan fungsi-fungsi citra buatan sendiri. Tentunya dalam versi java ini diharapkan memiliki fungsi dasar yang sudah tersedia pada versi C#. Untuk sementara ini, sudah ada 2 fungsi yaitu: inverse, dan grayscale. Fungsi lainnya akan menyusul. Tentunya, dimasa mendatang pada setiap tutorial saya, saya akan membuat implementasinya agar dapat di-load oleh si TampilCitra ini.
Bahasa lain?
Yap, tersedia juga dalam edisi C#. Untuk matlab, mungkin sudah tidak perlu dibuatkan seperti ini, karena editornya yang sudah cukup memadai.
Tidak ada comment pada source code?
Yap, saya sedang mengerjakannya. Mohon sabar... saya mengerti bahwa membaca source code itu tidak mudah. Tapi paling tidak, sekarang anda dapat mencoba-coba terlebih dahulu. Moga-moga saya dapat menelurkan beberapa tutorial khusus mengenai cara menambahkan fungsi buatan sendiri di TampilCitra ini.
Lisensi
Lisensi source code dan binary dikeluarkan dalam bentuk lisensi GPL. Perhatian: Dengan mengunduh source code dan/atau binary software ini, maka anda mengerti dan setuju dengan lisensi penggunaan source code dan binary ini.

Selamat mencoba-coba ! 

[binary] Download: TampilCitra.zip


0 komentar:

Posting Komentar

 
Angga Ramadhan Blog © 2011 | Designed by Blogger Templates Gallery